Peran Konsultan Manajemen dan Jenisnya

Peran Konsultan Manajemen dan Jenisnya – Konsultasi Manajemen dianggap banyak orang sebagai ungkapan yang agak mencolok. Anda mungkin pernah berinteraksi dengan beragam orang yang menyebut diri mereka sebagai “konsultan” – entah itu konsultan SDM, konsultan  keuangan, atau konsultan analis bisnis. Ungkapan “konsultasi manajemen” lebih tepat, mengacu pada industri dan praktik untuk memberikan panduan kepada manajemen untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Organisasi klien biasanya berpusat pada bisnis, namun konsultan manajemen juga memberi saran kepada lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba. Pemahaman dasar tentang kesamaan dan berbagai jenis perusahaan yang ada. Konsultan manajemen akan membantu perusahaan menavigasi kegiatan yang efisien (yang diperlukan oleh perusahaan) melalui serangkaian metode konsultasi manajemen yang dimiliki oleh konsultan.

Dalam hal rekrutmen karyawan misalnya, Umumnya, sebagian besar perusahaan terkemuka mempekerjakan orang-orang cerdas yang dapat berpikir dengan baik di bawah mereka, memecahkan masalah, berkomunikasi dalam tim, dan menunjukkan profesionalisme dengan klien. Kegiatan rekrutmen karyawan yang sesuai dengan keinginan perusahaan baiknya diserahkan kepada konsultan manajemen karna mereka berpengalaman dalam mengumpulkan informasi, mengenkripsi wawasan, dan mengkomunikasikan solusi untuk perusahaan.

Bisa saja internal perusahaan yang melakukan proses rekrutmen (Divisi SDM/HRD), namun kami sarankan perusahaan berfokus pada bisnis saja agar tujuan utama perusahaan dapat tercapai, karna proses rekrutmen tidaklah ringan dan cepat, proses tersebut akan menyita waktu dan pikiran serta penggunaan tools yang banyak untuk mendapatkan seorang karyawan yang ideal bagi perusahaan.

Apabila Anda bekerjasama dengan konsultan manajemen, ketahuilah bahwa Konsultan ini cenderung menghabiskan sebagian besar waktunya dalam rapat tim, pertemuan klien, analisis data, dan pembuatan slide. Terkadang konsultan manajemen dikritik karena seringnya melakukan rapat, namun pekerjaan tersebut yang akan memberikan solusi yang mengarah pada perbaikan substansial bagi organisasi klien.

konsultan manajemen jakarta

Konsutan Manajemen pada dasarnya sangatlah luas ruang lingkup kerjanya, namun secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi salah satu dari berikut. Kategorinya adalah:

  1. Konsultasi strategi
  2. Perusahaan akuntansi
  3. Spesialis IT
  4. Konsultan internal
  5. Konsultan independen

1) Konsultan strategi

Konsultan strategi umumnya memberi saran kepada manajemen senior (di semua industry) mengenai pertanyaan mendasar terkait pertanyaan : Strategi utama apa yang akan perusahaan lakukan di masa depan?.

Perusahaan konsultan strategi ini cenderung merekrut  karyawan dari universitas terkemuka dan sekolah bisnis, sehingga mereka menempati urutan tertinggi dalam urutan pamor prestise karena Perusahaan konsultan strategi harus menangani pertanyaan yang sulit dari perusahaan besar dari tingkat CEO atau eksekutif senior untuk membuat strategi strategi yang kuat

Pertanyaan yang bisa dilakukan oleh perusahaan konsultan strategi meliputi:

  1. Bagaimana kita menanggapi ancaman persaingan baru?
  2. Pabrik / Cabang mana yang harus kita tutup?
  3. Bagaimana kita bisa meningkatkan margin keuntungan kita?
  4. Bagaimana kita bisa meningkatkan pangsa pasar kita?
  5. Bagaimana cara meluncurkan produk baru ini?

Seorang konsultan strategi harus tahu dan paham jenis usaha klien agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik dari sisi strategi bisnis, adapaun Pertanyaan yang umum di berikan klien adalah : “Kami adalah produsen peralatan rumah tangga senilai $ 2 Miliar. Penjualan baru-baru ini datar, namun marginnya menurun, bagaimana Anda mengidentifikasi untuk meningkatkan margin?.”

2) Konsultan Manajemen Spesialis Akuntansi

Konsultan Akuntansi lebih condong ke sisi memperbaiki laporan keuangan perusahaan (Neraca, Laba Rugi, Perubahan Modal dll) serta merapikan transaksi transaksi yang ada dan menjadikan file keuangan menjadi mudah di baca oleh direktur, maupun pemegang saham serta yang berkepentingan melihat laporan keuangan perusahaan .

Pertanyaan yang dapat diajukan oleh konsultan akuntansi untuk memulai pekerjaan mereka meliputi:

  1. Proses pelaporan dan pelaporan keuangan apa yang tidak efisien?
  2. Bagaimana kita bisa meningkatkan tingkat kepatuhan laporan keuangan kita?
  3. Bagaimana cara meningkatkan arus kas dengan mengoptimalkan proses penagihan dan kebijakan pembayaran?

Kebanyakan perusahaan yang tidak memiliki laporan keuangan yang baik akan kebingungan ketika penjualan suatu produknya meningkat secara laporan penjualan namun dari sisi laba yang terkumpul tidak mencerminkan hasil penjualan.

Berarti ada kesalahan dalam pencataan laporan keuangan baik dari sisi biaya produksi yang besar namun tidak tahu sumber biaya terbesar tersebut, atau ada pihak pihak yang menggunakan laba perusahaan namun tidak sadar mengurangi dalam pencatatanya.

3) Konsultan Manajemen Spesialis IT

Tahukan Anda bahwa perusahaan IBM memiliki sekitar 100.000 konsultan IT? Meski memiliki banyak konsultan IT  mereka juga menghasilkan sebagian besar uang mereka untuk produknya.

Kegiatan konsultasi bidang IT lebih kompleks dari konusltan akuntansi, karna lebih menyita tenaga dan pikiran. Pada umumnya konsultan IT memiliki pertanyaan umum dalam mendeskrisikan ruang lingkup kerjanya, yaitu:

  1. Bagaimana kita bisa mengotomatisasi sistem tradisional ini?
  2. Bagaimana sebaiknya kita melakukan penyetelan ulang dan mengartikulasikan persyaratan khusus untuk menerima tawaran dari berbagai vendor IT?
  3. Bagaimana kita harus menerapkan sistem perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) seluruh perusahaan atau sistem CRM (Customer Relationship Management)? (Contoh platform seperti itu mencakup SAP, Oracle, atau Salesforce.)
  4. Sistem baru apa yang harus kita perbarui?
  5. Bagaimana kita bisa memastikan data penting kita dienkripsi, didukung, diakses, dan aman?

Tugas penting konsultan IT mempercepat proses/alur kegiatan perusahaan dan memperbaiki system kerja yang tradisioinal menuju system yang lebih modern

5) Konsultan Internal Perusahaan

Banyak perusahaan yang hanya memiliki satu konsultan manajemen saja. Ini sangat umum bagi banyak perusahaan untuk memiliki kelompok internal yang beroperasi sebagai tim konsultasi, menangani peluang peningkatan produksi yang ada di dalam perusahaan.

Seringkali ketika perusahaan bekerja sama dengan konsultan konsultan strategi, Konsultan tersebut juga bisa disebut tim konsultan internal. Korporasi memiliki beberapa keuntungan dalam memiliki tim konsultan internal yang hadir. Keuntungan hanya memiliki satu konsultan saja adalah:

  1. Konsultan internal sudah terbiasa dengan bisnis
  2. Biaya lebih murah dan
  3. Seringkali konsultan manajemen dapat di tarik ke internal peruahaan untuk menduduki jabatan direktur atau manajer.

Pertanyaan yang mungkin ditangani konsultan internal meliputi:

  1. Mengapa kita memiliki variasi biaya produksi seperti itu di berbagai bagian bisnis kita?
  2. Peluang apa yang ada bagi kita untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan menyebarkannya ke seluruh dunia?
  3. Bisnis apa yang akan membuat target akuisisi yang menarik bagi kita?
  4. Apa yang dilakukan pesaing berkaitan dengan isu khusus ini?
  5. Bagaimana kita melanjutkan usaha kita jika serikat pekerja mengorganisir sebuah pemogokan di pabrik kunci?

6) Konsultan Manajemen Independen

Konsultan independen kian marak, Yang (mungkin) lebih banyak daripada konsultan manajemen yang  berbentuk PT. Konsultan ini bahkan tidak beroperasi di bawah bendera perusahaan besar.

Jiwa konsultan independen mengarah ke jiwa wiraswasta, mereka ini sering bekerja sendiri atau dalam tim yang sangat kecil dengan jumlah 2-6 orang. Konsultan yang independen umumnya telah sering mendapatkan keahlian mendalam sejak bertahun-tahun menangani jenis tantangan bisnis tertentu.

Orang-orang ini mungkin adalah veteran setengah pensiun yang terus menarik diri kembali ke proyek baru, atau kaum muda yang menginginkan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam gaya hidup mereka. Konsultan independen sering menambah pendapatan mereka dengan pembinaan eksekutif, ceramah, atau proyek satu kali lainnya.

Kategorisasi luas ini dapat memberikan titik awal yang berguna dalam mengeksplorasi pilihan konsultasi manajemen. Mana yang terbaik? Itu sepenuhnya tergantung pada latar belakang dan tujuan Anda.

—————————————-

Untuk kebutuhan konsultan Manjajemen Anda bisa kontka kami di sini : http://forbisma.com/kontak/